Ulasan Tentang Software Sophos Home Premium

Ulasan Tentang Software Sophos Home Premium – Sophos adalah perusahaan keamanan perusahaan terkenal yang mulai melayani pengguna rumahan lebih dari dua tahun yang lalu. Bersandar pada kekuatan perusahaan, Sophos memperkenalkan layanan “enterprise lite” untuk pengguna rumahan. Alih-alih suite desktop biasa dengan semua nobs dan tombol di ujung jari pengguna, sebagian besar kontrol untuk Sophos ada di cloud.

Ulasan Tentang Software Sophos Home Premium

opensecurityfoundation.org – Sophos bukan satu-satunya perusahaan yang melakukan ini, tetapi kontrol antivirus berbasis cloud juga tidak umum. Sebagian besar suite antivirus menggunakan pendekatan berbasis cloud untuk kontrol orang tua karena ini memerlukan pengelolaan beberapa perangkat.

Baca Juga : Fortinet Salah Satu Keamanan Software Asal Amerika

Terkadang kita mungkin melihat kemampuan untuk memulai pemindaian di browser. Namun, secara umum, sebagian besar kontrol ada di desktop. Perlu sedikit membiasakan diri, tetapi Sophos Home Premium memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada orang yang ditunjuk sebagai pendukung TI keluarga.

Perangkat lunak

Sophos Home Premium di PC tidak banyak. Dasbor utama (digambarkan di bagian atas artikel) menunjukkan apakah semua berbagai modul perlindungan diaktifkan. Ada juga tanda centang hijau besar di bagian atas dan pesan “Anda dilindungi!” jika semuanya baik-baik saja.

Di rel kiri, ada sejumlah opsi menu, tetapi hanya tombol Pindai di bagian bawah yang melakukan tindakan apa pun di desktop. Opsi lainnya—termasuk Aktivitas Saya , Setelan , dan Tambah Perangkat —semuanya meluncurkan antarmuka web.

Di sinilah daging kontrol Sophos berada. Dasbor untuk setiap perangkat dimulai di bawah Status , yang menunjukkan aktivitas terbaru untuk perangkat seperti saat pemindaian dimulai atau selesai. Ini juga menawarkan kontrol konfigurasi untuk antivirus, web, ransomware, perlindungan privasi, dan deteksi lalu lintas berbahaya.

Konfigurasi sebagian besar bermuara pada penggeser aktif/nonaktif untuk setiap layanan seperti perlindungan waktu nyata, mitigasi eksploitasi, dan kemampuan pembelajaran mesin Sophos. Ketika ada pengaturan yang lebih maju, mereka juga merupakan pilihan biner antara hidup dan mati. Exploit Mitigation , misalnya, memiliki opsi untuk melindungi browser, aplikasi Java, mencegah eskalasi hak istimewa, dan sebagainya.

Ada juga kontrol yang lebih luas untuk menjadwalkan pemindaian, mengatur pengecualian file atau folder, dan mencegah Sophos Home memblokir situs web yang ingin Anda kunjungi. Anda juga dapat memblokir atau memperingatkan tentang seluruh kategori situs, tetapi tidak ada yang terperinci seperti memblokir perangkat anak dari mengakses situs tertentu.

Selain mengubah konfigurasi Sophos Home, ada juga tombol di bagian atas dasbor untuk menambahkan perangkat baru, atau meluncurkan fitur bersih. Yang terakhir menghapus malware, adware, cookie browser, dan item yang tidak diinginkan lainnya dan sisa-sisanya.

Setiap kali pemindaian dimulai dari jarak jauh, aplikasi desktop tidak menunjukkan bahwa ada sesuatu yang terjadi. Semuanya terjadi di latar belakang, dengan riwayat aktivitas di cloud yang menunjukkan jika terjadi sesuatu.

Bandingkan dengan mengklik pemindaian di desktop, yang secara aktif menunjukkan pemindaian sedang terjadi. Kami bertanya kepada Sophos mengapa tidak menampilkan apa pun selama pemindaian jarak jauh, dan perusahaan mengatakan tidak ingin mengganggu orang di tengah alur kerja mereka dengan jendela pop-up yang tiba-tiba. Itu sangat masuk akal, dan ketika pemindaian sedang berlangsung, melayang di atas ikon Sophos di baki sistem atau bilah tugas akan menunjukkannya.

Akan menyenangkan untuk melihat lebih banyak jenis pemindaian yang khas untuk rangkaian antivirus rumahan seperti pemindaian sistem lengkap, pemindaian cepat, pemindaian khusus, dan sebagainya. Dimungkinkan untuk memindai folder tertentu secara lokal dengan memilih Pindai dengan Sophos Home dari menu konteks klik kanan tetapi tidak ada opsi jarak jauh. Itu mungkin disengaja untuk menghindari terlalu banyak informasi sistem file pribadi yang terkandung di ujung Sophos.

Sophos Home juga tidak memiliki kontrol orang tua yang serius. Cukup mudah untuk memblokir situs seksual eksplisit menggunakan opsi pemfilteran web. Namun, alat lain seperti membatasi atau melacak waktu layar, atau mengelola akses ke aplikasi tertentu tidak tersedia.

Kami bertanya kepada Sophos tentang hal ini dan perusahaan mengatakan tidak memiliki rencana untuk memperluas kontrol orang tua di luar penyaringan web. Alasannya karena sistem operasi modern memiliki fitur serupa yang sudah ada di dalamnya. MacOS memiliki Screen Time, misalnya, dan Microsoft Family menawarkan kontrol orangtua yang serupa.

“Namun, mengelola akses aplikasi adalah sesuatu yang terus kami pantau dan berpotensi akan diluncurkan di masa mendatang berdasarkan permintaan pelanggan,” kata perwakilan Sophos.

Pertunjukan

Dari rumah pengujian yang kami lacak, hanya SE Labs yang menguji Sophos Home baru-baru ini. Dalam laporan Q4 2019-nya , SE Labs memberi Sophos Home Premium peringkat AAA dengan tingkat perlindungan 95 persen. Skor SE Labs cenderung lebih rendah daripada rumah pengujian lainnya, jadi untuk menempatkan 95 persen dalam perspektif, Sophos Home terikat dengan AVG, dan berada di tingkat yang sama dengan Avast, AVG, Eset, dan Windows Defender. Kaspersky, Symantec, dan Trend Micro semuanya mendapat skor lebih tinggi.

SE Labs juga memiliki sesuatu yang disebut skor perlindungan, yang merupakan hitungan berapa kali suite keamanan melindungi sistem host-nya. Sophos mencetak 98, yang berarti melewatkan dua ancaman. Itu membuatnya setara dengan Avast, AVG, Eset, F-Secure, dan Windows Defender; sementara Comodo, Kasperky, Symantec, dan Trend Micro semuanya mendapat skor lebih tinggi.

Untuk pengujian kinerja internal kami, Sophos Home cukup berhasil. Tes PC Mark 10 Extended adalah 1.645 tanpa PC Mark diinstal. Itu turun menjadi 1.610 dengan Sophos berjalan setelah pemindaian awal.

Tes transfer file besar kami hanya sekitar 30 detik lebih lambat dengan Sophos berjalan, yang tidak buruk. Satu-satunya perbedaan mencolok lainnya yang kami lihat adalah pada tes unzip. Tanpa Sophos Home terinstal, waktu unzip arsip berukuran sedang adalah sekitar satu menit dan 17 detik, dengan Sophos menginstal waktu melonjak menjadi lebih dari dua menit.

Jika kami harus menebak, itu karena Sophos aktif memindai setiap file selama operasi. Secara keseluruhan, seharusnya tidak ada banyak penurunan kinerja dengan Sophos. Mungkin PC anggaran akan melihat lebih banyak dampak, tetapi tidak perlu khawatir.

Harga dan kesimpulan

Sophos Home Premium berharga $60 untuk langganan satu tahun yang mencakup 10 perangkat, $120 untuk dua tahun, dan $162 untuk tiga. Percaya atau tidak, itu adalah harga non-perkenalan. Pengguna pertama kali membayar sedikit lebih sedikit pada $42, $80, atau $113,40 masing-masing untuk langganan satu, dua, dan tiga tahun.

Harga Sophos luar biasa. Sebagian besar suite antivirus mengenakan biaya $100 untuk 10 perangkat selama setahun sebagai penawaran pendahuluan. Ingat, sebagian besar suite tersebut dilengkapi dengan fitur tambahan seperti pengelola kata sandi, pencadangan dan penyimpanan cloud, dan kontrol orang tua tingkat lanjut—fitur premium utama yang tidak dimiliki Sophos Home Premium.

Untuk perlindungan yang ditawarkan Sophos, sulit untuk mengalahkan harganya, setidaknya dibandingkan dengan suite pihak ketiga utama. Pertanyaan yang lebih besar adalah apakah Sophos Home sepadan dengan biayanya dibandingkan dengan Windows Defender, yang disertakan Microsoft secara gratis di Windows 10.

Kedua suite, berdasarkan pengujian SE Labs, hampir sama untuk perlindungan. Defender memang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan Sophos dalam hal fitur. Defender menawarkan beberapa jenis pemindaian, termasuk kontrol orang tua melalui Microsoft Family, dan bahkan ada perlindungan ransomware—jarang ada di suite keamanan gratis.

Exit mobile version