Mengulas Perusahaan Keamanan Software Avira

Mengulas Perusahaan Keamanan Software Avira – Avira Operations GmbH & Co. KG adalah perusahaan perangkat lunak keamanan komputer multinasional Jerman yang terkenal dengan perangkat lunak antivirus mereka Avira Free Security . Avira didirikan pada tahun 2006, tetapi aplikasi antivirus telah dikembangkan secara aktif sejak 1986 melalui perusahaan pendahulunya H+BEDV Datentechnik GmbH.

Mengulas Perusahaan Keamanan Software Avira

opensecurityfoundation.org – Pada 2012, perangkat lunak Avira diperkirakan memiliki lebih dari 100 juta pelanggan. Pada Juni 2012, Avira menduduki peringkat keenam dalam laporan pangsa pasar antivirus dari OPSWAT.

Baca Juga : Mengulas Lebih Jauh Tentang Software Keamanan Avast

Markas Avira terletak didekat sebuah Danau yang bernama Constance, yang ada diTettnang, Jerman. Perusahaan ini juga memiliki sebuah kantor tambahan yang ada di AS, Cina, Rumania, dan juga Belanda.

Perusahaan mendukung Auerbach Stiftung, sebuah yayasan yang didirikan oleh pendiri perusahaan, Tjark Auerbach. Ini mempromosikan proyek amal dan sosial, seni, budaya dan ilmu pengetahuan. NortonLifeLock mengakuisisi Avira pada Januari 2021, setelah sebelumnya dimiliki oleh Investcorp .

Teknologi

Definisi Virus

Avira secara berkala “membersihkan” file definisi virusnya, mengganti tanda tangan tertentu dengan yang umum untuk peningkatan kinerja dan kecepatan pemindaian secara umum. Pembersihan pada basis dari data sebesar 15 MB yang akan dilakukan pada tanggal 27 Oktober tahun 2008, menyebabkan sebuah masalah bagi para pengguna edisi Gratis yang dikarenakan pada ukurannya yang besar dan juga server edisi Gratis Avira yang lambat.

Avira ini juga sudah merespons dengan cara mengurangi ukuran dari file pembaruan yang ada pada tiap individual, memberikan lebih sedikit data di setiap pembaruan. Saat ini ada 32 file definisi yang lebih kecil yang diperbarui secara berkala untuk menghindari puncak unduhan pembaruan.

Heuristik Tingkat Lanjut

Produk Avira berisi heuristik yang dapat secara proaktif mengungkap malware yang tidak dikenal, sebelum tanda tangan virus khusus untuk memerangi elemen yang merusak telah dibuat dan sebelum pembaruan pelindung virus dikirim.

Deteksi virus heuristik melibatkan analisis ekstensif dan penyelidikan kode yang terpengaruh untuk fungsi khas malware. Jika kode yang dipindai menunjukkan fitur karakteristik ini, kode tersebut dilaporkan mencurigakan, meskipun belum tentu malware; pengguna memutuskan apakah akan bertindak atau mengabaikan peringatan tersebut.

ProActiv

Komponen ProActiv menggunakan kumpulan aturan yang dikembangkan oleh Avira Malware Research Center untuk mengidentifikasi perilaku yang mencurigakan. Kumpulan aturan disediakan oleh database Avira. ProActiv mengirimkan informasi tentang program yang mencurigakan ke database Avira untuk logging.

Firewall

Avira menghapus teknologi firewall mereka sendiri mulai tahun 2014 dan seterusnya, dengan perlindungan yang diberikan sebagai gantinya oleh Windows Firewall ( Windows 7 dan setelahnya), karena di Windows 8 dan yang lebih baru, Program Sertifikasi Microsoft memaksa pengembang untuk menggunakan antarmuka yang diperkenalkan di Windows Vista .

Perlindungan Cloud

Avira Protection Cloud (APC) pertama kali diperkenalkan pada versi 2013. Ini menggunakan informasi yang tersedia melalui Internet (komputasi awan) untuk meningkatkan deteksi dan mengurangi kinerja sistem. Teknologi ini diterapkan di semua produk 2013 berbayar. APC awalnya hanya digunakan selama pemindaian sistem cepat manual; kemudian diperluas ke perlindungan waktu nyata. Ini meningkatkan skor Avira di AV-Comparatives and Report dari September 2013.

Mitra

Avira ini juga menawarkan sebuah mesin antivirusnya yang ada dalam bentuk kit pengembangan pada software untuk bisa diterapkan dalam sebuah produk pelengkap. Mitra strategis dan teknologi Avira termasuk Canonical, CYAN Networks, IBM, intelligence AG, Microsoft, novell, OPSWAT, Synergy Systems, dan lainnya.

Baca Juga : Ulasan Software Keamanan Data Trend Micro

Pada tanggal 4 September 2014, Avira mengumumkan kemitraan dengan Dropbox, untuk menggabungkan keamanan Avira dengan kemampuan “sinkronisasi dan berbagi” Dropbox. Tjark Auerbach, pendiri Avira menjual hampir 100% saham perusahaan kepada Investcorp Group of Manama ( Bahrain ) pada April 2020. Saham tersebut dilaporkan dijual dengan harga 180 juta dolar. Investcorp Group telah berinvestasi di beberapa perusahaan lain dari sektor keamanan siber di masa lalu.

Para direktur Investcorp Group milik beberapa keluarga kerajaan di negara-negara Timur Tengah seperti Kuwait , Bahrain , Arab Saudi , dll. Namun, 20% dari total saham biasa dan preferen dimiliki oleh Grup Mubadala yang berbasis di Abu Dhabi sejak 2017. UEAjuga berfungsi sebagai kantor pusat perusahaan keamanan siber yang didiskreditkan karena keterlibatannya dalam pelanggaran hak asasi manusia terhadap aktivis, pembangkang yang ditangkap karena mengkritik monarki; melakukan serangan cyber terhadap pejabat FIFA, dan penguasa Qatar ; dan pengawasan atas Jamal Khashoggi .

Ketua Grup Mubadala memiliki sebuah lembaga bernama ECSSR atau Pusat Studi & Penelitian Strategis Emirates, yang diduga memengaruhi akademisi Jerman untuk mendapatkan kekuatan lunak dan kebijakan berdampak dalam konflik kepentingan UEA. Pada Februari 2021 BullGuard telah bergabung dengan Avira sebagai bagian dari NortonLifeLock

Kerentanan keamanan

Pada tahun 2005, Avira terkena kerentanan buffer overflow arsip ACE . Penyerang jarak jauh dapat mengeksploitasi kerentanan ini dengan membuat arsip ACE dan mengirimkannya melalui halaman web atau email berbahaya. Buffer overflow dapat terjadi saat Avira memindai arsip berbahaya. Itu akan memungkinkan penyerang untuk mengeksekusi kode arbitrer pada sistem yang terpengaruh.

Pada tahun 2010, Avira Management Console terkena kerentanan eksekusi kode jarak jauh setelah penggunaan gratis . Kerentanan memungkinkan penyerang jarak jauh untuk mengeksekusi kode arbitrer pada instalasi Avira Management Console yang rentan. Otentikasi tidak diperlukan untuk mengeksploitasi kerentanan.

Pada tahun 2013, mesin Avira terkena kerentanan 0 hari yang memungkinkan penyerang mendapatkan akses ke PC pelanggan. Bug ditemukan di file driver avipbb.sys dan memungkinkan eskalasi hak istimewa.

Exit mobile version