Mengenal Linux Foundation Sejauh Mana Perkembanganya

Mengenal Linux Foundation Sejauh Mana Perkembanganya – Linux Foundation( LF) merupakan asosiasi teknologi nirlaba yang dibuat pada tahun 2000 selaku pencampuran antara Open Source Development Labs serta Gratis Standards Group buat menyamakan Linux, mensupport pertumbuhannya, serta mengiklankan mengangkat komersialnya. Beliau pula jadi tuan rumah serta mengiklankan pengembangan kolaboratif cetak biru fitur lunak open source. – opensecurityfoundation.org

Mengenal Linux Foundation Sejauh Mana Perkembanganya

www.linuxfoundation.jp

Ini diawali pada tahun 2000, di dasar Open Source Development Labs( OSDL) serta jadi badan dikala ini kala OSDL berasosiasi dengan Gratis Standards Group( FSG). Linux Foundation membiayai profesi inventor Linux Linus Torvalds serta arahan pengelola Greg Kroah- Hartman serta dibantu oleh badan semacam AT&T, Cisco, Facebook, Fujitsu, Google, Hitachi, Huawei, IBM, Intel, Microsoft, NEC, Oracle, Orange SA, Qualcomm, Samsung, Tencent, serta VMware, dan developer dari semua bumi.

Dalam sebagian tahun terakhir, Linux Foundation sudah meluaskan program dukungannya lewat kegiatan, penataran pembibitan serta sertifikasi, dan cetak biru pangkal terbuka. Cetak biru yang dihosting di Linux Foundation tercantum cetak biru kernel Linux, Kubernetes, Automotive Grade Linux, Open Jaringan Automation Program (ONAP), Hyperledger, Cloud Native Computing Foundation, Cloud Foundry Foundation, Xen Project, serta banyak yang lain.

Tujuan

Linux Foundation didedikasikan buat membuat ekosistem yang berkepanjangan di dekat cetak biru open source buat memesatkan pengembangan teknologi serta mengangkat menguntungkan. Yayasan itu dikala ini membiayai profesi inventor Linux Linus Torvalds serta pemelihara penting Greg Kroah- Hartman, serta bermaksud buat sediakan rumah adil di mana pengembangan kernel Linux bisa dilindungi serta dipercepat.

Yayasan ini pula menyelenggarakan kegiatan kolaboratif antara komunitas teknis Linux, developer fitur lunak, pabrik, serta konsumen akhir buat membongkar permasalahan menekan yang dialami Linux serta pangkal terbuka.

Linux Foundation mensupport komunitas Linux dengan menawarkan data teknis serta pembelajaran lewat kegiatan tahunannya, semacam Open Source Leadership Summit, Linux Kernel Developers Summit, serta Open Source Summit( tadinya diketahui selaku LinuxCon, ditetapkan pada September 2009). Anggaran ekspedisi developer ada.

Inisiatif

Akad Sertifikat Informasi Komunitas( CDLA)

Dipublikasikan pada Oktober 2017, Akad Sertifikat Informasi Komunitas( CDLA) merupakan kerangka hukum buat memberi informasi.[13] Terdapat 2 sertifikat CDLA dini:

1. Sertifikat CDLA- Sharing didesain buat menciptakan prinsip- prinsip copyleft dalam sertifikat informasi. Ini menaruh persyaratan buat membenarkan kalau akseptor ambang bisa memakai serta memodifikasi informasi itu, serta pula diwajibkan buat memberikan pergantian mereka ke informasi.

2. Akad Permisif- CDLA mendekati dengan sertifikat pangkal terbuka bebas di mana pencetak informasi memperbolehkan siapa saja buat memakai, memodifikasi, serta melaksanakan apa yang mereka mau dengan informasi tanpa peranan buat memberikan pergantian ataupun perubahan.

Linux. com

Pada bertepatan pada 3 Maret 2009, Linux Foundation memublikasikan kalau mereka hendak mengutip ganti pengurusan Linux. com dari owner tadinya, SourceForge, Inc. Web ini dikeluarkan kembali pada 13 Mei 2009, beralih dari inkarnasi tadinya selaku web informasi jadi pangkal penting buat bimbingan Linux, data, fitur lunak, pemilihan serta balasan di semua server, desktop atau netbook, seluler, serta zona tertancap. Ini pula tercantum direktori fitur lunak serta fitur keras Linux. Serupa semacam Linux itu sendiri, Linux. com berencana buat memercayakan komunitas buat membuat serta memusatkan konten serta obrolan.

Linux Foundation Public Health( LFPH)

Pada tahun 2020 di tengah endemi COVID- 19, Linux Foundation memublikasikan LFPH, suatu program yang didedikasikan buat memajukan serta mensupport profesi pencarian kontak virus yang dipandu oleh Google serta Apple dan sistem pemberitahuan Bluetooth mereka. LFPH mementingkan upayanya pada aplikasi kesehatan warga, tercantum inisiatif awal usaha itu: aplikasi pemberitahuan yang tertuju untuk penguasa yang mau meluncurkan jaringan pemberitahuan pemaparan yang berpusat pada pribadi. Dikala ini, LFPF menghosting 2 aplikasi pencarian kontak.

LF Climate Finance Foundation

Pada September 2020, The Linux Foundation memublikasikan LF Climate Finance Foundation( LFCF), suatu prakarsa terkini buat” mendesak pemodalan dalam analitik pangkal terbuka yang disempurnakan AI buat menanggulangi pergantian hawa.”

Baca Juga : Tujuan Dari Dibentuknya Organisasi Non-Profit

LFCF berencana membuat program yang hendak menggunakan open source informasi terbuka buat menolong pemodalan finansial, LSM, serta zona akademisi buat menolong eksposur industri bentuk yang lebih bagus kepada pergantian hawa. Allianz, Amazon, Microsoft, serta S&P Garis besar hendak jadi badan penggagas inisiatif.

Penataran pembibitan serta sertifikasi

Program Penataran pembibitan Linux Foundation menunjukkan instruktur serta konten dari para atasan developer Linux serta komunitas open source. Partisipan menyambut penataran pembibitan Linux yang adil vendor serta terbuat dengan pengawasan dari para atasan komunitas pengembangan Linux. Program penataran pembibitan online serta lihat wajah Linux Foundation bermaksud buat membagikan wawasan dasar serta kesempatan jaringan yang besar.

Pada bulan Maret 2014, Linux Foundation serta edX berekanan buat menawarkan kategori online terbuka megah free bertajuk Pengantar Linux. Ini merupakan yang awal dari serangkaian ijab free yang berkepanjangan dari kedua badan yang brosur MOOC dikala ini melingkupi Identifikasi ke DevOps, Pengantar Cloud Foundry serta Cloud Native Aplikasi Architecture, Pengantar Apache Hadoop, Pengantar Teknologi Prasarana Cloud, serta Pengantar OpenStack. Pada bulan Desember 2015, Linux Foundation memberitahukan bimbingan mandiri yang didesain buat menolong menyiapkan administrator buat tes Certified OpenStack Administrator dari OpenStack Foundation.

Selaku bagian dari kemitraan dengan Microsoft, diumumkan pada bulan Desember 2015 kalau sertifikasi Linux on Azure hendak diserahkan pada orang yang lolos Tes Microsoft 70- 533( Mempraktikkan Pemecahan Prasarana Microsoft Azure) serta Administrator Sistem Bersertifikat Linux Foundation( LFCS)) tes.

Pada dini 2017, pada KTT Kepemimpinan Pangkal Terbuka tahunan, diumumkan kalau Linux Foundation hendak mulai menawarkan bimbingan Arah Juru bicara Inklusif dalam kemitraan dengan Pusat Nasional buat Perempuan& Teknologi Data. Bimbingan free ini didesain buat berikan partisipan” keahlian efisien buat mengiklankan inklusivitas dalam pengajuan mereka”.

Pada September 2020, Linux Foundation mengeluarkan bimbingan penataran pembibitan komputasi tanpa server free dengan CNCF. Ini diajarkan oleh Alex Ellis, penggagas OpenFaaS.

Di antara banyak badan lain dengan ijab seragam, The Linux Foundation sudah memberi tahu kenaikan 40% dalam permohonan buat bimbingan online mereka pada tahun 2020 sepanjang endemi virus Corona serta aksi melindungi jarak sosial.

Cetak biru Patent Commons

Hak paten terdiri dari seluruh fitur lunak yang dipatenkan yang sudah ada buat komunitas pangkal terbuka. Supaya fitur lunak dikira kepunyaan bersama, owner paten wajib menjamin kalau developer tidak hendak dituntut atas pelanggaran, walaupun bisa jadi terdapat sebagian batas dalam pemakaian isyarat yang dipatenkan. Rancangan ini awal kali diserahkan akar oleh Red Hat pada tahun 2001 kala menerbitkan Akad Patennya.

Cetak biru Patent Commons dikeluarkan pada bertepatan pada 15 November 2005 oleh Open Source Development Labs( OSDL). Inti dari cetak biru ini merupakan bibliotek rujukan paten bersama yang mengakulasi serta mengabadikan data mengenai akad terpaut paten serta pemecahan hukum yang lain yang ditunjukan pada komunitas fitur lunak pangkal terbuka. Pada 2015, cetak biru itu memuat 53 paten.

Proyek

Cetak biru Linux Foundation( awal mulanya” Cetak biru Kerja sama”) merupakan cetak biru fitur lunak yang didanai dengan cara bebas yang menggunakan daya pengembangan kolaboratif buat mendesak inovasi di semua pabrik serta ekosistem. Lebih dari 500 industri serta ribuan developer dari semua bumi berkontribusi pada cetak biru fitur lunak pangkal terbuka ini.

Pada September 2015, keseluruhan baris isyarat pangkal yang terdapat di Cetak biru Kerja sama Linux Foundation merupakan 115. 013. 302. Ditaksir, jumlah keseluruhan usaha yang dibutuhkan buat menelusuri kembali langkah- langkah pengembangan kolaboratif buat proyek- proyek ini merupakan 41. 192, 25 orang tahun.

Dengan tutur lain, diperlukan durasi 1. 356 developer sepanjang 30 tahun buat membuat balik dasar isyarat. Pada dikala itu, angka ekonomi keseluruhan dari bayaran pengembangan Cetak biru Kerja sama Linux Foundation diperkirakan menggapai$ 5 miliyar. Lewat pemodalan berkepanjangan dalam cetak biru open source serta perkembangan jumlah cetak biru yang dihosting, jumlah ini bertambah jadi$ 15, 6 miliyar pada September 2017.

Sebagian cetak biru tercantum( antrean abjad):

AllJoyn

AllJoyn merupakan kerangka aplikasi open source buat fitur serta layanan yang tersambung yang dibangun di dasar Allseen Alliance pada tahun 2013. Cetak biru ini saat ini disponsori selaku cetak biru Linux Foundation bebas oleh Open Connectivity Foundation( OCF).

Otomotif Kategori Linux

Automotive Grade Linux( AGL) merupakan cetak biru pangkal terbuka kolaboratif yang meningkatkan program terbuka berplatform Linux buat mobil yang tersambung yang bisa berperan selaku standar de facto buat pabrik. Walaupun awal mulanya difokuskan pada In- Vehicle Infotainment( IVI), roadmap AGL melingkupi cluster instrumen, head up display, telematika serta mengemudi bebas. Tujuan AGL merupakan buat sediakan:

*Tumpukan sistem pembedahan Linux inti yang berpusat pada otomotif yang penuhi persyaratan biasa serta bersama dari ekosistem otomotif

*Lingkungan yang tembus pandang, kolaboratif, serta terbuka buat OEM Otomotif, agen Tingkatan Satu, dan vendor fitur lunak serta semikonduktor mereka buat membuat fitur lunak dalam kendaraan

*Suara beramai- ramai buat bertugas dengan cetak biru pangkal terbuka yang lain serta meningkatkan pemecahan pangkal terbuka baru

*Distribusi Linux tertancap yang membolehkan pembuatan prototipe kilat buat developer yang terkini memahami Linux ataupun regu dengan pengalaman open source sebelumnya

Teknologi AGL

Pada bertepatan pada 30 Juni 2014, AGL memublikasikan luncurkan awal mereka, yang didasarkan pada Tizen IVI serta paling utama buat aplikasi demo. AGL meluaskan program rujukan awal dengan penyaluran Unified Code Base( UCB). Luncurkan UCB awal, dinamai Agile Albacore, diluncurkan pada Januari 2016 serta menggunakan bagian fitur lunak dari AGL, Tizen serta GENIVI Alliance.

UCB 2. 0, dinamai Brilliant Blowfish, ada pada Juli 2016 serta melibatkan fitur- fitur terkini semacam bentuk jok balik, pemutaran film, perutean audio, serta kerangka kegiatan aplikasi. UCB 3. 0, ataupun Charming Chinook diluncurkan pada Januari 2017. AGL berencana buat mensupport permasalahan pemakaian bonus semacam kluster instrumen serta sistem telematika.

Linux Kategori Operator

Tujuan penting Tim Kegiatan” CGL” merupakan buat” berhubungan dengan fasilitator serta operator perlengkapan jaringan buat mengakulasi persyaratan serta menciptakan detail yang bisa diaplikasikan oleh vendor penyaluran Linux.” Ini pula berperan buat memakai persyaratan yang tidak diaplikasikan buat mendesak cetak biru pengembangan yang hendak menolong dalam integrasi asal dari persyaratan ini.

Yayasan CD

Continuous Delivery Foundation berperan selaku rumah vendor adil dari banyak cetak biru dengan perkembangan tercepat buat pengiriman berkepanjangan, tercantum Jenkins, Jenkins X, Spinnaker, serta Tekton. Ini mensupport pegiat DevOps dengan bentuk terbuka, penataran pembibitan, prinsip pabrik, serta fokus portabilitas.

Cloud Foundry

Cloud Foundry merupakan open source, program aplikasi multi cloud selaku layanan( PaaS) yang diatur oleh Cloud Foundry Foundation, suatu badan 501( c)( 6). Pada bulan Januari 2015, Cloud Foundry Foundation terbuat selaku Cetak biru Linux Foundation nirlaba bebas. Fondasinya terdapat buat tingkatkan pemahaman serta mengangkat Cloud Foundry, meningkatkan komunitas penyumbang, serta menghasilkan strategi kohesif di seluruh industri badan. Foundation berperan selaku pihak adil yang menggenggam seluruh kekayaan intelektual Cloud Foundry.

Cloud Native Computing Foundation

Dibuat pada tahun 2015, Cloud Native Computing Foundation( CNCF) muncul buat menolong memajukan teknologi kontainer serta memadankan pabrik teknologi dengan evolusinya. Itu diumumkan dengan Kubernetes 1. 0, administrator klaster container open source, yang dikontribusikan ke yayasan oleh Google selaku teknologi bibit. Dikala ini, CNCF dibantu oleh lebih dari 450 patron. Badan penggagas tercantum Google, CoreOS, Mesosphere, Red Hat, Twitter, Huawei, Intel, Cisco, IBM, Docker, Univa, serta VMware.

CHAOSS

Cetak biru Fitur Lunak Pangkal Terbuka Community Health Analytics( CHAOSS)[48] diumumkan pada KTT Pangkal Terbuka 2017 Amerika Utara di Los Angeles. Dengan cara totalitas, cetak biru ini bermaksud buat membagikan metrik kejernihan serta kesehatan serta keamanan buat cetak biru pangkal terbuka.

Code Aurora Forum

Code Aurora Forum merupakan asosiasi industri dengan cetak biru yang melayani pabrik nirkabel seluler. Cetak biru fitur lunak yang jadi perhatiannya sendiri merupakan mis. Android buat MSM, Femto Linux Project, LLVM, MSM WLAN serta Linux- MSM.

Cetak biru Linux Tertancap Inti

Diawali pada tahun 2003, Cetak biru Linux Tertancap Inti[52] bermaksud buat sediakan tempat adil vendor buat membuat teknologi Linux tertancap inti di luar Cetak biru Yayasan Linux. Semenjak dini, tiap industri badan Linux Foundation sudah diizinkan buat mengajukan keahlian di Cetak biru Linux Tertancap Inti.

Inisiatif Prasarana Inti

Inisiatif Prasarana Inti diumumkan pada 25 April 2014 sehabis Heartbleed membiayai serta mensupport cetak biru fitur lunak leluasa serta pangkal terbuka yang amat berarti buat berfungsinya Internet.

Muara sungai Lake

Muara sungai Lake merupakan susunan penyimpanan pangkal terbuka yang memperkenalkan bisnis ACID ke Apache Spark™ serta bobot kegiatan informasi besar.

Baca Juga : 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Menggunakan Linux

Golongan Kegiatan DiaMon

DiaMon Workgroup bertugas buat tingkatkan interoperabilitas antara perlengkapan open source serta tingkatkan fitur pencarian, profil, logging, serta kontrol berplatform Linux. Bagi golongan kegiatan, DiaMon” bermaksud buat memesatkan kemajuan ini dengan buatnya lebih gampang buat bertugas serupa pada bagian yang biasa.

DPDK

Kit Pengembangan Pesawat Informasi terdiri dari pustaka buat memesatkan bobot kegiatan pemrosesan paket yang melaksanakan arsitektur CPU. Bagi Intel,” DPDK bisa tingkatkan kemampuan pemrosesan paket sampai 10 kali bekuk.”

Dronecode

Diawali pada 2014, Dronecode diawali selaku cetak biru kolaboratif pangkal terbuka buat memadukan inisiatif drone open source dikala ini serta era depan di dasar lindungan Linux Foundation. Tujuannya merupakan gundukan pangkal terbuka bersama yang biasa buat Alat transportasi Hawa Tidak Berawak( UAV). Chris Anderson( CEO 3D Robotics& penggagas DIY Drones) berprofesi selaku pimpinan badan dewan. Lorenz Meier, inventor PX4, MAVLink, QGC, serta Pixhawk berperan selaku perwakilan komunitas di Badan.

EdgeX Foundry

Dibuat pada tahun 2017, EdgeX Foundry berperan selaku kerangka kegiatan interoperabilitas adil vendor. Itu dihosting di program rujukan agnostik fitur keras serta OS serta berusaha mengaktifkan ekosistem bagian plug- and- play, memadukan pasar serta memesatkan aplikasi IoT. Cetak biru ini mau membolehkan kolega buat dengan cara leluasa melakukan pemecahan IoT yang terbuka serta bisa dioperasikan dengan standar konektivitas yang terdapat serta terbuat sendiri.

ELISA

Cetak biru ELISA( Enabling Linux In Safety Applications) diawali buat mempermudah industri membuat serta mensertifikasi aplikasi kritis- keamanan berplatform kernel Linux- sistem yang kegagalannya bisa menyebabkan lenyapnya nyawa orang, kehancuran properti yang penting, ataupun kehancuran area. Badan ELISA bertugas serupa buat memastikan serta menjaga selengkap perlengkapan serta cara biasa yang bisa menolong industri membuktikan kalau sistem berplatform Linux penuhi persyaratan keamanan yang dibutuhkan buat sertifikasi. https: atau atau elisa. tech atau

FD. io

Cetak biru Informasi Cepat- disebut selaku” Fido”- menyediakan kerangka kegiatan layanan IO buat gelombang fitur lunak jaringan serta penyimpanan selanjutnya. Dalam gundukan, FD. io merupakan aspek informasi umum.” FD. io berjalan seluruhnya di ruang konsumen,” tutur Ed Warnicke( konsultan insinyur dengan Cisco serta pimpinan panitia instruktur teknis FD. io).

FOSSologi

FOSSology pada dasarnya merupakan cetak biru yang didedikasikan buat fitur lunak serta fitur lunak disiplin sertifikat pangkal terbuka. Konsumen bisa melaksanakan pemindaian sertifikat, hak membuat, serta pengawasan ekspor dari baris perintah. Database serta UI website sediakan ceruk kegiatan disiplin.

Exit mobile version